Search This Blog

Saturday, September 29, 2012

Trip To Besakih Temple

Tanggal 4 september 2012 sekolah Kristen Kalam Kudus cabang Bali mengadakan fieldtrip ke pura Besakih. Dan kami ditugaskan untuk membuat laporan perjalanan kami selama fieltrip tersebut.

Pura Besakih berlokasi di Karangasem. Perjalanan kami memakan waktu kira-kira 3-4 jam menggunakan bus pariwisata. Pura ini merupakan pusat pura di Bali dan merupakan pura terbesar di Bali. Pertama sampai di lokasi, kami harus berjalan menanjak cukup jauh.
Namun lelah yang kami rasakan saat menanjak terbayar dengan sambutan keindahan pemandangan di atas. Pura-pura berdiri kokoh dan terdapat banyak patung-patung ciri khas Bali. Pertama sampai di area, kita akan di sambut oleh pedagang yang menjual berbagai macam souvenir khas pura Besakih.

Perjalanan kami di mulai dengan mengelilingi seluruh lokasi. Kami tidak dapat masuk ke dalam pura tersebut karena itu merupakan tempat suci yang tidak sembarang orang dapat masuk. Jadi kami hanya dapat mengelilingi saja dan melihat dari luar tembok yang tidak terlalu tinggi.

Di sepanjang perjalanan saya menemukan berbagai macam tumbuhan, namun ada satu tumbuhan yang menarik perhatian saya. Setelah saya mencari tau dari guru saya tanaman apakah itu, dan rupanya itu adalah tanaman anggur hutan. Memang sedikit terlihat aneh bagi saya, karena bentuk dan struktur pohonnya tidak mirip sama sekali dengan anggur yang biasa saya lihat. Jika biasanya pohon anggur itu merambat dan memiliki sulur, tidak demikian dengan tanaman anggur hutan ini. Anggur hutan ini memiliki batang yang kokoh dan besar tidak bersulur ataupun merambat.

Perjalanan sangat tidak terasa jauh saat saya menelusuri area Pura Besakih tersebut karena kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah meski kita berjalan berkilo-kilometer. Sambil berjalan kami di pandu oleh seorang pemandu yang terus menceritakan sejarah pura ini.

Tanpa terasa kami pun harus kembali. Namun saya cukup puas dengan perjalanan ini, karena ini adalah salah satu perjalanan yang tidak muudah untuk dilupakan.Mulai dari pemandangan, penduduk yang ramah dan penjelasan tentang pura itu sendiri menambah pengalaman wisata saya.
Sekian laporan perjalanan saya..Semoga bermanfaat.....

1 comment:

  1. Terimakasih kepada admin yang sudah mau berbagi informasi bermanfaat ini, saya doakan semoga admin tetap aktive menulis dan berbagi di blog ini. Jangan lupa untuk berkunjung ke kencing batu obat

    ReplyDelete

Your IP